Saturday, May 17, 2014

Tentang Skripsi: Orang di Bumi Jahat-jahat!

ORANG DI BUMI JAHAT JAHAT

Kata-kata di atas adalah username seorang player DOTA 2 yang kebetulan ketemu waktu main bareng anak-anak. Username yang lucu dan minta dikomenin, ngebuat putin langsung bilang

ga semuanya kok :(

Ya. Orang-orang pasti bakal ngebantah kalo di generalisasi bahwa orang di bumi jahat-jahat. Tapi ada benernya juga sih kalimat itu. Banyak banget orang jahat di bumi ini. Seengaknya banyak yang egois. Dan sikap egois bisa jadi adalah sumber segala dosa.



Dan belakangan ini, di masa-masa running buat skripsi, hal ini kerasa banget. Obrolan yang santai, makan bareng, ketawa bareng, tapi di balik itu semua ada ketegangan yang tersembunyi. Dengan keterbatasan fasilitas lab bioproses, mau ga mau akan ada yang namanya rebutan alat. Mikirin penelitian orang lain bukan jadi hal yang wajar. Skripsi gue lebih penting.

Ga semua sih, ga banyak malah. Cuma sering mikir aja mungkin ada orang yang panik kesana kemari, nguasain dan make banyak alat, ga mau kalah dan nyikut orang-orang lain cuma buat dapet data tambahan, di saat yang lain bahkan belom punya data buat diolah. Hypothetically yah.

Gue bukan orang yang berhak buat ngomong gini sih. Ga lepas juga dari sikap egois. Eh tapi berhak deh, blog gue ini.

Tapi semua berubah sejak negara api menyerang.

Kemarin gue sakit. Pertama kalinya sakit sejak mulai running, padahal udah dijaga supaya ga sakit. Badan meriang dari sore dan masih harus running sampe jam 12 malem. Jam 9 gue ambil data, berarti harus ngambil data sekali lagi jam 12 sekalian beres-beres. Tapi kepala udah ga bisa dikompromi lagi, jadi gue tidur di ruang mas diki. Iyah, begini kelakuan kami mas.

Sebagai orang yang susah bangun, dalam kondisi sakit bukan hal yang aneh kalo gue baru bangun jam 2 pagi di saat pasang alarmnya jam 12. Nah, pas bangun, gue tiba-tiba menemukan bed cover di atas gue, padahal tadinya cuma tidur beralaskan selimut. Tapi namanya orang baru bangun, blom sempet mikir tuh bed cover datengnya dari mana.

Gue menghampiri reaktor jahanam kesayangan gue buat ngambil data salinitas. Gapapa deh telat dua jam, mungkin ga jauh beda. Dan disaat itulah, gue menemukan secarik kertas di samping reaktor.



Gue ngeliat sekeliling dan ada Beta disana.

"Ini Beta yang ngambilin?"
"Iya yo, gue kira lo ketiduran"

Gulp.

Dan disaat itu juga, gue sadar gue bukan nemuin bed cover. Gue diselimutin. Dan ternyata itu perbuatan Astry.

Gulp.



Kiri: bed cover yang tebal, hangat dan empuk. Kanan: selimut gue yang tipis


Diambilin data dan diselimutin ketika lagi lemes karena sakit. It touched me more than it should.

Dan gue sadar, perbuatan baik Beta membuat pikiran gue terbuka akan kebaikan, jadi bisa ngeh akan perbuatan baik lain yaitu perbuatan baik Astry. Satu perbuatan baik yang simple bisa membuat orang lain sadar akan perbuatan-perbuatan baik lainnya, dan megubah persepsi orang tentang dunia ini.

Orang di bumi ga jahat-jahat kok. 



No comments:

Post a Comment

How to Win Friends and Influence People

 Author: Dale Carnegie Originally published: October 1936 Self note Practical – Every day Become genuinely interested in other people Smile ...